Monday 3 February 2014

Anekdot Tentang SKS Kurikulum 2013 untuk SMA



Stres dan Terpukul Akibat di Resmikannya Sistem SKS untuk SMA

"Assalamualaikum wr.wb, selamat pagi, bertemu lagi dengan saya, Hapipi di lab komputer ini lagi" sambut Pak Hapipi guru Prakarya TIK kami.Hari ini adalah hari kedua aku masuk sekolah. Walau hanya 2 hari aku sudah satu kelas dengan pujaan hatiku. Yak, laki-laki  itu adalah lelaki idamannya, bertubuh pas-pasan, berkulit hitam dan pastinya berparas kece yang nama bekennya Roy dan nama lengkapnya adalah Abdul Razak Royzikin. Tetapi selain lelaki itu ia juga sudah punya teman yang juga merupakan lelaki tipenya, yaitu berbadan kecil, lumayan bergaya, dan suka bermain musik dan pastinya bernyanyi, namanya Dananta. "Dinan, sekolah kita ini kan baru menerapkan sistem SKS, bagaimana menurutmu?" tanya Pak Hapipi, aku langsung menjawab setengah mengejek "Sistem Kebut Semester Pak, habis materinya ngumpul dan susah-susah semua!". Anak-anak di dalam lab komputerpun tertawa termasuk Pak Hapipi. Tapi nampaknya ada satu anak yang tidak tertawa, yaitu Dananta. Tak tau ia kenapa, entah karena leluconku tak lucu atau aku menyinggungnnya atau apalah. 
Saat aku akan menghampiri Dananta tiba-tiba aku dihadang Roy "He Din, lelucon kamu keren deh sumpah kocak banget! Semua ketawa Hahaha, walau Si Anak Miskin itu gag ketawa" kata Roy sambil menunjuk Dananta. "Tulitolettulittulililit !!" suara bel pulang berbunyi. Saat aku akan menghampiri Dananta, ternyata dia sudah raib dari tempat duduknya. Kupikir dia sedang sibuk lalu dia langsung pulang. Hujan turun waktu menunjukkan pukul 3 sore, payung hadiah pembalut warna ungu pun menemaniku. Ditemani dengan sepasang headset yang memutar lagu Ipang Sahabat Kecil. Saat melewati suatu jalan aku melihat anak yang sedang duduk disamping bangunan kosong, karena aku penasaran aku deketin dan aku jorokin langsung ketembok "Bruak!! Aw", terlihat lelaki yang aku kenal sudah tergeletak setengah sadar. Ternyata dia Dananta !! Aku langsung memapah dia. "Danan ? Kamu baik-baik saja kan?" aku setengah takut kalau dia kenapa-kenapa, "Danan? Siapa Danan?" kata Danan kebingungan. Sial! Dia gagarotak.
Setelah berkelana mencari cara untuk mengembalikan ingatan Dananta akhirnyaku dapat, mengingatkan hal yang sangat membuat pikirannya menjadi depresi sebelumnya. Ternyata setelah beratus-ratus kata akhirnya Dananta teringat semuanya, tepatnya waktu aku berkata "Sistem SKS SMA dihapus karena membebani siswa". Jadi sistem SKS bisa membuat depresi, dan beban mental karena materi,tugas, dan fisik yang kuat. Karena dituntut untuk mandiri dan kreatif. 

Apakahh anda setuju dengan dipertahankannya sistem SKS 2013 ini? Kalau @damastasw tetap akan berjuang!


Penulis Damasta Satria Wibawa

0 comments:

Post a Comment