Sunday 8 April 2012

Indera Keenam menurut Al-Qur'an

saya pernah membaca buku dan buku itu berbunyi “orang yang sering bermimpi dan menjadi kenyataan maka orang itu memiliki indera ke enam” apa benar itu pak? … tolong beri saya penjelasan yang lengkap dan detail tentang indera ke-6 pak
Jawaban M Shodiq Mustika:
Semua orang memiliki indera keenam. Seperti pada pancaincera, ada yang dayacerapnya tinggi, ada pula yang dayacerapnya rendah. Seperti pada panceindera pula, dayacerap indera keenam dapat ditingkatkan disamping bisa menyusut.
Mengenai indera keenam, M Quraish Shihab dalam Wawasan Al-Quran menerangkan:
… kita masih membutuhkan “sesuatu” di samping akal. Terserah Anda, apa nama “sesuatu” itu. Namailah “indera keenam” sebagaimana filosof dan psikolog menamainya, atau “bisikan atau gerak hati” seperti kata orang kebanyakan, atau “ilham, hidayat, dan firasat” menurut nama yang diberikan agamawan.
Tidak jelas cara kerja “sesuatu” itu, karena datangnya sekejap, sekadar untuk mencampakkan informasi yang diduga “kebetulan” oleh sebagian orang, dan kepergiannya pun tanpa izin orang yang dikunjungi.
Biasanya, “sesuatu” itu mengunjungi orang-orang yang jiwanya dihiasi kesucian, karena Allah tidak akan memberi hidayat kepada orang yang berlaku aniaya (QS Al-Haqarah [2]: 258), kafir (QS Al-Baqarah [2]: 264), bergelimang dosa atau fasik (QS Al-Ma-idah [5]: 108), melampaui batas lagi pendusta (QS A1 Mu’min [40]: 28), pengkhianat (QS Yusuf [12]: 52), dan pembohong (QS Al-Zumar [39]: 3)

Sumber : http://muslimmoderat.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment